Jumat, 08 Maret 2013

Sinopsis India



Judul                    : India
Pengarang            : Elaine Jackson
Penerbit                : Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Tebal                    : 32 halaman
Tahun terbit          : cetakan pertama 2007
Ukuran                 : 26,5cm x21cm
 

India terletak di selatan Benua Asia, ibu kota di New Dehli. Bahasa yang digunakan adalah Hindi dan Inggris, serta mata uangnya adalah Rupee.
Bendera nasional terdiri dari tiga warna yaitu oranye yang berarti keberanian dan pengorbanan, putih yang berarti kemurnian dan kedamaian, dan hijau yang berarti keimanan dan pertumbuhan. Simbol di tengah disebut Roda Asoka, yang berarti roda hukum dan kemajuan.
Wilayah India selatan yang merupakan wilayah tinggi dan datar disebut Plato Deccan. Plato ini memiliki barisan gunung di kedua sisi yang disebut Ghast Timur dan Ghast Barat.
Iklim di India yaitu bulan sejuk antara Oktober sampai Maret, bulan basah antara Juni sampai September, pada bulan in terjadi angin monsoon yang membawa banyak air dan terasa panas di kulit.
Dua pertiga penduduk India tinggal di pedesaan dan bermata pencaharian bertani. Kegiatan bertani sering dilakukan hanya menggunakan tangan karena sebagian besar petani tidak mempunyai cukup uang untuk membeli traktor. Masa pertanian di India terkait dengan siklus hujan monsoon. India merupakan eksportir teh terbesar di dunia. Sapi, lembu, dan kerbau sangat penting bagi kehidupan desa di India sebab sapi dianggap sebagai binatang sakral di dalam agama Buddha.
Kota-kota di India
a.       Mumbai (Bombay)
Sering kali disebut ‘kota mimpi dan merupakan kota dan pelabuhan terbesar di India. Mumbai merupakan kota industri utama di India. Mumbai juga dikenal sebagai pusat industri film India ‘Bollywood’.
b.      New Delhi
Merupakan ibu kota India, kota ini merupakan pusat bisnis yang penting.
c.       Kalkuta
Merupakan kota terbesar kedua di India. Kalkuta juga menjadi pusat bisnis dan pelabuhan utama.
d.      Bangalore
Kota paling modern dan pusat teknologi tinggi di India.
Tempat wisata
a.    Segitiga Emas
     Segitiga emas diawali dari New Delhi, lalu ke Agra untuk melihat
     Taj Mahal kemudian Jaipur atau ‘Kota Pink’ disebabkan bangunan
     tuanya berwarna kuning-pink.
b.    Sungai Gangga
     Sungai Gangga mengalir memasuki Teluk Bengal. Sungai ini merupakan sumber kehidupan di India. Orang India menggunakan sungai Gangga untuk minum, mencuci, mandi, serta kebutuhan pabrik dan tanah pertanian.  Pengunjung melakukan ziarah dan ikut serta dalam upacara. Penganut Hindu menganggap sungai tersebut sebagai Dewi Gangga.
     Mata air gletser Sungai Gangga berada di Gangotri di Pegunungan Himalaya. Kemudian ke kanal Gangga bagian atas yang digunakan untuk pertanian . Pemberhentian berikutnya adalah kota industri, Kanpur. Setelah itu mengalir ke Bhagalpur ‘Kota Sutra’. Sebelum Gangga mengalir keluar dari India, Gangga membentuk delta di Bangladesh.
c.    Goa
     Goa sangat diminati wisatawan yang ingin berjemur di pantai dan
     berenang di kehangatan Laut Arab.
India memiliki sistem rel kereta api terbesar di Asia. Dan India masih memiliki jutaan becak masih digunakan di india khususnya di kota Kalkuta becak masih ditarik oleh manusia.
Tempat-tempat sakral
a.    Biar di Leh, Ladakh (tempat sembahyang agama Buddha)
b.    Kashmir (wilayah Islam yang penting)
c.    Gurdawa (kuil emas tempat sembahyang agama Sikhisme)
d.   Allahabad tempat bertemunya sungai Gangga, Yamuna, dan
     Saraswati (tempat paling suci di dunia untuk mandi umat Hindu)